Kamis, 07 November 2013

Huawei Internship Program 2013

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku dalam mengikuti internship atau magang di HW. saat ini aku semester 7 Fak. Teknik Universitas Telkom (d/h IT Telkom d/h STT Telkom), dan pelaksanaan program ini pada liburan 6, tepatnya tanggal 14 Juni – 31 July 2013 kemaren. Program KP (Kerja Praktek) dikampusku memang wajib dilakukan, ad asks juga lhoo,,,!!!! 2 sks, jadi emang wajib. Sebelumnya aku pernah juga Geladi (KP pertama) pada liburan semester 4 di PT. Telkom di Jl. Pahlawan No. 10 Semarang pada Juni-Agustus 2012 (40 hari itungannya) di divisi marketing intelligent, nahh emang sih agak beda sama jurusanku S1 Teknik Telekomunikasi, tapi dapet ilmu strategi bisnis and marketing PT. Telkom tu mantap dah, Insyaallah bias bermanfaat :)
            Okeee BACK TO TOPIC. Awal semester 6 sekitar bulan februari aku udah mulai daftar buat KP/ magang, udh ngajuin surat ke PT. Telkomsel, Soekarno Hatta 707 Bandung. Ke XL Axiata Jakarta. Tapi sampai sekarang ga ada konfirmasi apapun, padahal temenku yang baru baru daftar KP disana malah dapet and masuk (itulah keuntungan punya relasi/ orang dalam, hehe). Lalu aku kan punya kenalan orang Telkomsel WIsMul Jakarta yaudah deh aku mnta bantuan, soalnya smpe bulan mei, belom konfirmasi apa2 dari Bandung. tapi masih belum fix, soalnya aku masih pengen yang lain,hehe
            Mei minggu kedua dapet info tentang program HIP’13 dari salah satu temen lab. Aku pun daftar, dan kurang dari seminggu setelah daftar, aku dihubungi buat konfirmasi kesediaan ikut Internship disana, yaa diwawancarai by phone akhirnya, kurang lebih nih : kemampuannya apa aja, di kuliah belajar praktikumnya apa,dll trus aku jelasin tentang salah satu skill di bidang mobile communication seperti planning 2G, 3G, 4G, DT and Optim. Nahh di tes aku ditanya2 tentang seluler dan software2 apa aja yang aku bias, dan dari percakapan by phone, bapaknya sepertinya tertarik :p dibilangin dalam weekend ini aku disuruh meluangkan waktu. Oke saat malam hari aku ditelp dan ditawari untuk masuk divisi BSS, tapi entah kenapa ada dorongan tenaga dalam (halahhh), aku menolaknya, soalnya aku daftar nya divisi network (RNP). Yaa aku tolak halus soalnya mas nya beda and agak buru2 buat ngasih keputusan, padahal aku perlu mikir2 dulu (kan ga baik tuh buru2,hehe). Okee akhirnya besok ditelp lagi nih daaannn ditawari di RNP, dan aku langsung mengiyakan, Alhamdulillah rejeki ga kemana kok, walaupun yang pertama nolak, tapi kedua akhirnya sesuai keinginan. Lalu ada acara 1st meeting akhir mei dan ttd kontrak, soalnya ada beberapa fasilitas yang bakal didapet. Katanya sih program ini berbeda dengan KP di Huawei lain. Dan setelah UAS aku dan 2 temenku yang keterima berangkat bareng and dimulailah proses Internship :)
            PT. Huawei Tech Investment terletak di tower BRI II, Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Saat Internship Fasilitas yang kami dapet yaitu dapat ID HW, dipinjami Laptop Lenovo Thinkpad (katanya sih harganya yang ratusan dolar and tahan air, tahan goncangan, laptop engineer gitu :D ), and dapet fee lumayan Alhamdulillah :) , untuk ITB lebih lama  (1Juni-31juli) dan kami dari ITT karena dipotong UAS, (14June-31July). Peserta Huawei Internhip Program ini ada 26 orang yang terdiri dari 17 temen2 ITB dan 9 orang dari ITT. Kami semua diacak dan dibagi menjadi beberapa divisi yaitu :
1.  RNPO (Radio Network Planning and Optimization)
2.  BSS (Base Station Subsystem)
3.  Wireless
4.  Datacomm (Data Communication)
5.  Career Development

Aku sendiri masuk di divisi RNP/O ada 6 orang bersama teman ITT (Budi,  Fahri) dan 3 temen ITB (Ichwan, Ami, Ana). Kami berenam termasuk akrab dahh,suka bercanda, makan bareng, saling bantu kalo ada kerjaan dll. Disini kami bener2 kerja seperti karyawan, kita mengerjakan apa yang dikerjakan para karyawan di HW. bedanya kami masuk di 3 subdivisi (Acceptance, Nwtwork Planning, dan Integration Netwrok) jadi Alhamdulillah bisa belajar banyak dari materi, software, kerjaan, dapet kenalan, dan relasi yang banyak :) . kami dibimbing oleh Manager RNPO project HCPT Pak Samuel Tampubolon, orangnya baik banget dan kalo ngobrol and ngomong enak, dan dibantu oleh Pak Dudiek Arie Wibowo sebagai senior RNP disana.
            Ada lagi 1 orang yang sangaaaatttt berjasa dan baik banget. Dia namanya Rakhdiny Sustaningrum atau biasa kami panggil Mbak Diny, orangnya cantik, masih muda, supel, gaul, dan sabar banget menghadapi adek2nya kayak kami yang rebut dan tanya terus,haha. Mbak diny lulusan S2 SBM ITB, dan di HW sebagai orang penting di PR (Public Relation). Pernah baca2 sih, mbak nya sering meeting ke luar negri, dan pernah dapet banyak penghargaan kayak karyawan terbaik, dll. Selain menimba ilmu dan dapet pengalaman kami sesama anak Internship juga banyak yang akrab, soalnya kami suka ngrobrol di grup Whatsapp, atau FB, hehe. Selama di sana aku juga ada acara seperti open party, breakfast dll. Makan2 shabu shabu di Little sheep, breakfast di Hotel Ritz Carlton, dan Hotel Mandarin Oriental di Bundaran HI Jakarta. Foto dibawah inilah kami ber-6 didivisi RNPO yang selalu bercengkerama tiap hari baik secara langsung, maupun E-SPACE (chatting messenger HW).
  
            Pengalaman Internship sangat menyenangkan, hidup kurang lebih 2 bulan di Jakarta, banyak pengalaman, teman, relasi, dll

Wa’alaikumsalam Wr. Wb.








5 komentar:

  1. Mas mau tanya, bagaimana cara apply ke Huawei nya? saya juga ingin mangang disana, tapi tidak menemukan contact email yang bisa dihubungi. Kemudian syaratnya apa saja? Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Annisa, untuk apply magang di Huawei bisa membuat surat permohonan KP/Internship yang ditujukan ke "Jl Jend Sudirman Kav 44-46 Ged BRI II 20th Floor, Jakarta Pusat Kode Pos: 10210"

      Kalau saya dulu dapat informasi beserta syarat2 dari kampus, dan memang saat itu Huawei membuka internship program 2013
      Semoga berhasil dan sukses ya :)

      Hapus
  2. mas mau tanya, KP di Huawei ada persyaratan dan seleksi ga? lalu waktunya kapan aja ya? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk KP di huawei dulu memang ada seleksi Program Internship resmi Huawei Indonesia dan beberapa persyaratan masuk seperti nglamar kerja, dulu hnya ditujukan ke ITB dan STT Telkom saja seleksinya....

      untuk sekarang2 ini saya kurang tau ada tidaknya program ini lagi,,untuk waktunya biasanya antara juni-Aug

      Hapus
  3. kak, maaf boleh minta alamat emailnya gak? terimakasih sebelumnya:)

    BalasHapus